Sunday, December 9, 2012

Macam-macam Bentuk Uang di Korea Selatan


 http://www.moneysigns.net/wp-content/uploads/2012/10/korean-money-images-at-2.jpg

Korea Selatan memiliki mata uang bernama won. Jika dibulatkan, perbandingan nilai tukar won dengan rupiah adalah 1:8. Artinya, 1 won sekitar Rp 8.

Dalam kehidupan sehari-hari, ternyata masyarakat memilih menggunakan won yang sudah berubah wujud. Mengutip buku Bujet Pas-pasan, Keliling Korea 60 Hari? Bisa!, saat naik bus, subway, bahkan taksi, akan lebih nyaman jika menggunakan T-Money. T-Money atau electronic money bisa dibeli di kios bertanda T-Money atau minimarket, seperti Family Mart, 7-eleven, GS25, Buy The Way, dan Mini Stop.


 


T-Money yang berfungsi sebagai uang elektronik membuat penggunanya tidak ribet karena harus mengeluarkan uang tunai setiap kali bertransaksi. Lagipula, dengan T-Money, ongkos untuk naik angkutan umum, seperti subway, bus, bahkan taksi bisa lebih murah.

Bentuk T-Money juga bermacam-macam. Ada yang berwujud kartu, aksesori ponsel, dan jam tangan. Ada pula T-Money yang berbentuk cip yang juga berfungsi sebagai kartu telepon sehingga cip bisa dimasukkan ke dalam ponsel. Harga kartu biasanya hanya 2.500-4.000 won, tergantung jenis kartunya. Sedangkan harga T-Money yang berbentuk aksesori sekitar 6.000-19.000 won.

Selain T-Money, ada pula Seoul Citypass Card, Seoul City Pass Plus, dan T-Moa. Seoul City Pass Card diperuntukkan bagi turis. Kartu ini bisa dibeli di sejumlah toko di bandara Incheon, pusat informasi untuk turis, dan di kantor pusat Korea Smart Card.

Kartu ini bisa dipakai untuk naik Seoul City Tour Bus, selain tentunya subway dan bus yang beroperasi di Kota Seoul. Harga kartu untuk pemakaian sehari, dua hari, dan tiga hari, masing-masing sebesar 15 ribu, 25 ribu, dan 35 ribu won.

Seoul City Pass Plus, ebcard, dan T-Moa hampir sama seperti T-Money. Seoul City Pass Plus yang harganya 3.000 won bisa dibeli di kios-kios di stasiun subway atau di toko dekat halte bus. Nominal terkecil untuk mengisi ulang adalah 10 ribu sampai 50 ribu won. Pemilik kartu ini juga bisa mendapatkan diskon khusus di toko buku sampai tempat wisata.


Seoul City Pass dan Seoul City Tour Bus
 
Seoul City Pass Plus





Source : Tempo
Image by korea net 

No comments:

Post a Comment