Saturday, November 24, 2012

Jejak Ledakan Maha Dahsyat di Gua Manjanggul




Gua lava Manjanggul terletak di bagian pesisir utara Pulau Jeju.
Gua ini terbentang sepanjang 13,442 m, namun yang terbuka untuk umum hanya 1 km (1000 m) saja. Seperti yang sudah digambarkan oleh namanya, gua ini adalah terowongan lava yang sangat-sangat menakjubkan sebagai hasil dari aktivitas magma di daerah ini pada masa lampau. Di beberapa tempat di gua ini, tinggi langit-langitnya dapat mencapai 23 meter.
Terowongan lava ini terbentuk ketika dahulu dari dalam perut bumi menerobos menuju permukaan tanah untuk kemudian tersembur dan meleleh di permukaan tanah. Terowongan di mana lava merangkak menuju ke permukaan itulah yang sekarang meninggalkan bekas yang sangat menawan ini. Di sini Anda melihat stalagtit yang bermunculan di sana sini. Karena keindahannya inilah, maka Gua Lava Manjanggul ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO (Monumen Alam nomor 98).


Meskipun gua ini menusuk ke dalam perut bumi, Anda tidak perlu khawatir akan gelap karena gua ini dipenuhi dengan lampu yang sangat cukup untuk menjaga langkah Anda menuju ke dalam gua. Suhu di dalam gua juga cukup stabil, dengan kisaran antara 11sampai 210 C yang membuat suasana cukup nyaman karena tidak terlalu dingin atau pun panas.

penerangan di dalam gua

Di dalam gua, Anda dapat menemukan kelelawar dan binatang-binatang langka lainnya, yang bagi beberapa orang gua ini digunakan sebagai penelitian tentang mereka. Ada juga berbentuk penyu yang sering menarik perhatian karena bentuknya yang mirip dengan Pulau Jeju. Bagi Anda yang gemar fotografi, tempat ini akan memanjakan Anda dengan objek foto yang luar biasa. Ada tiang batu yang menjulang sampai ke langit-langit, atau stalagtit yang bermunculan di sana-sini, dan dinding batu yang tampak berlapis-lapis, dan juga batuan yang berwarna-warni.

Tempat ini akan memberikan pemandangan yang mempesona bagi para pengunjungnya, bahkan bagi mereka yang sudah terbiasa menjelajai gua-gua lava yang lainnya. Untuk itu Anda benar-benar tidak boleh melawatkan kunjungan ke tempat ini

Tiang Batu


Gua lava ini buka pukul 09.00 sampai pukul 18.00. Pada musim dingin, mereka hanya buka sampai pukul 17.30. Sedangkan untuk biaya masuknya, untuk dewasa seharga Rp 16.200,00 untuk individu dan Rp 9.800,00 untuk rombongan (lebih dari 10 orang). Untuk anak-anak, seharga Rp 8.100,00 untuk individu, dan Rp 4.900,00 untuk rombongan.
Untuk mencapai tempat ini, dari Terminal Bis Jeju, naik bis antar kota jurusan Donghoe dan turun di taman parker dekat Gua Manjanggul  (kira-kira 1 jam 20 menit perjalanan). Di tempat parkir, naik bis ke pintu masuk Gua Manjanggul, atau Anda dapat berjalan kaki menuju pintu masuk (kira-kira 20 menit).






Shared by : IniSajaMo

No comments:

Post a Comment