Saturday, November 10, 2012

Serpihan Sejarah Silla di Anapji Pond


 

Anapji Pond atau kolam Anap adalah kolam buatan yang terletak di Taman Nasional Gyeongju, Korea Selatan dan merupakan bagian dari kompleks kerajaan Silla. Kolam ini dibuat pada masa pemerintahan Raja Munmu yang memerintah selama 14 tahun tepatnya pada 674 Masehi. Pembangunan kolam Anap untuk memperingati penyatuan Dinasti Silla.
Anapji Pond berdiri di area benteng Wolseung. Benteng itu kini sudah hancur dan tinggal reruntuhannya saja. Kolam Anap dibangun sedemikian rupa agar keindahannya bisa dinikmati banyak orang. Ada gunung kecil buatan, bunga-bunga indah yang ditanam dan hewan langka yang dibawa untuk membuat taman ini semakin eksotis. 

Pada tahun 1974, dilakukan penggalian terhadap sebuan bentuk di dasar kolam yang diperkirakan setinggi 18 meter dengan diameter 200 meter. Setelah penggalian dilakukan ternyata ditemukan adanya 3 pulau yang berada di kolam ini. Tidak hanya itu, pada saat kolam terkuras untuk perbaikan, para pekerja menemukan banyak peninggalan di bawah kolam. 

Sedikitnya ada 30.000 item yang bisa diselamatkan dan kemudian menjadi koleksi Museum Nasional. Restorasi besar-besaran pada saat itu juga menyentuk perbaikan tiga bangunan yang sekarang berdiri di tepi kolam Anap.


 

Kolam Anap yang menerima wisatawan sejak pukul 9 pagi hingga 10 malam tersebut tidak hanya dikunjungi karena nilai sejarahnya. Lebih dari itu, pemandangan kolam Anap yang indah dan asri membuat siapapun ingin mengabadikannya. Banyak sudut-sudut menarik di kolam Anap yang bisa Anda bidik untuk menghasilkan foto yang bagus. Apalagi jika bunga teratai yang ada di kolam sedang mekar. Warna-warnanya indah memenuhi hampir seluruh kolam hingga airnya tidak terlihat. Kolam Anap pun menjelma menjadi kolam bunga yang indah.

Anapji Pond dapat Anda kunjungi dengan menumpang bus nomor 11 atau 601 dari Gyeongju Station. Atau bisa juga dengan naik bus dari Geyongju bus terminal menuju Gyeongju National Museum. Jarak Anapji Pond hanya sekitar 3 menit perjalanan dari pemberhentian bus tersebut. Untuk masuk ke kolam buatan ini, Anda harus membayar tiket masuk seharga 1000 Won untuk pengunjung dewasa, remaja 500 Won dan anak-anak 400 Won. Jika Anda mengunjungi kolam Anap dengan rombongan, maka tarif masuknya jauh lebih murah.




Source :wisatakorea
Shared : IniSajaMo

No comments:

Post a Comment