Tuesday, August 7, 2012

Gangnam Style PSY Menarik Perhatian Luar Negeri


Sekali lagi Kpop membuktikan keunikan tersendiri untuk gaya pertunjukan musik yang menarik perhatian banyak orang. "GANGNAM STYLE" sebuah video musik dari PSY (Park Jae Sang) minggu ini masuk urutan pertama di Billboard's K-Pop charts.
Video musik yang dirilis tanggal 15 Juli ini sekarang sudah mencapai hits puluhan juta views di Youtube. Dengan wajah kurang menarik untuk ukuran bintang idola Kpop, PSY mengedepankan figur ideal sebagai nilai jual dari karya musik yang dihasilkannya. 
Bukan hanya menarik perhatian dan jadi trend tersendiri di Korea, parodi Gangnam Style ini rupanya banyak menyedot perhatian beberapa seniman musik internasional. Bahkan American auto-tune aficionado T-Pain menobatkan Gangnam Style sebagai best video music of the Year! Robbie Williams dan Josh Groban juga ikut mendukung penomena Gangnam Style.
Psy menggabungkan aspek musik dan budaya yang berbeda dari Korea, bersama dengan gaya unik, menciptakan lagu yang bisa mengundang semua orang ikut berteriak. Lagu ini ditandai dengan ketukan yang sangat adiktif dengan konsep sederhana ingin menggambarkan seseorang yang menjalani kehidupan modern di Gangnam, sebuah distrik makmur di Seoul mirip Beverly Hills di AS.
Sementara liriknya sendiri intinya menceritakan tentang bagaimana menemukan seorang pacar sempurna yang tahu kapan harus diperlakukan dengan baik dan kapan harus diperlakukan dengan ganas, liar dan gila.
Kevin Allocca, manajer trend YouTube mengatakan video Gangnam Style ini jadi hits seminggu di Korea sebelum akhirnya menyebar ke beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Singapura dan Swedia.
PSY sendiri sudaj memulai karir sejak tahun 2001, namun tak berjalan mulus. Album pertamanya “PSY... From the Psycho World!", didenda akibat isi lagu yang dinilai tidak sopan. Album berikut yang rilis tahun 2002, “Ssa 2” juga terkena larangan beredar. 
Kontroversial sudah tidak asing buat seorang Park Jae Sang, ia pernah ditangkap akibat mengonsumsi ganja, bermasalah dengan urusan wajib militer sampai 2009 baru lulus. Tahun 2010 ia pindah ke YG Entertainment (manajemen Big Bang dan 2NE1) mulai menulis lagu sendiri dan juga untuk artis lain seperti “Because You Are My Woman” yang dibawakan oleh Lee Seung Gi.
Kini melalui "Gangnam Style" nama PSY (Park Jae Sang) berhasil melambungkan namanya ke jajaran top selebritis Korea Selatan dan membawa nama Kpop lebih berwarna.
Photo: YG Entertainment
Credit:koreaindo
RP:IniSajaMo

No comments:

Post a Comment