Sunday, November 25, 2012

Asal Usul Desa Jukrimdong


Sungai Soyang

Pada zaman dinasti Shilla, seorang gadis bernama Ure dan ibunya tinggal di tanah Chuncheon. Pada suatu hari, ibunya pergi ke hutan untuk mengambil tumbuh-tumbuhan. Tiba-tiba, hujan deras turun dan disertai gemuruh dan petir. Sewaktu buru-buru mencari tempat perlindungan, dia terjatuh dari lereng gunung dan pingsan. Ure yang merasa gelisah dengan ibunya itu memutuskan pergi ke hutan untuk mencari ibunya. Dia berteriak-teriak memanggil ibunya, Ibuu... Ibuu..., tapi tidak ada jawaban dari ibunya. Esok harinya, ibu terbangun karena kicauan burung. Anaknya nampaknya pingsan di dekatnya. Ibu membangunkan Ure. Lalu, Ure sadar dan mengikat bagian tubuh ibunya yang terluka parah, kemudian menggendong ibunya ke rumah. 

Sejak hari itu, Ure merawat ibunya secara sungguh-sungguh dengan menjahit dan mencuci baju orang lain, tapi penyakit ibunya semakin lama semakin parah. Pada suatu hari, Ure bermimpi, dewa gunung memberitahu ibunya dapat sembuh, jika memakan satu akar ginseng dan tumbuhan ajaib itu terdapat di daerah Seorabeol. Hari berikutnya, Ure menuju Seorabeol, lalu mencari ginseng di sana. Namun sayangnya, dia tidak bisa mendapat ginseng, karena harganya sangat mahal. Waktu dia merasa bingung, seorang apoteker tua memberi tahu bahwa seorang yang penting di daerah itu segera akan mati dan dia sedang mencari seorang gadis yang akan melayani rohnya. Jika merelakan menjadi pelayan untuk roh itu, Ure bisa mendapat ginseng. Ure langsung pergi ke rumah orang yang diberitahu oleh apoteker tua itu dan mengizinkan dia akan mati dengan orang penting supaya dapat melayani roh orang penting itu. Ure mendapat sepuluh akar ginseng, lalu mengirimkannya buat ibunya lewat seseorang. Setelah makan ginseng kiriman anaknya, ibunya Ure sudah sembuh. Sementara Ure mati.

Ibu yang tidak tahu apa-apa tentang kejadian anaknya itu menantikan anak kesayangannya segera pulang. Ibu yang lama menunggu anaknya itu akhirnya menjadi gila. Suatu hari, ibu itu membakar rumahnya dan mati di dalamnya. Setelah peristiwa itu terjadi, di atas tanah rumah terbakar itu tumbuhlah sepucuk rebung. Kemudian rebung itu tumbuh besar dan banyak bambu membentuk hutan. Warga penduduk desa itu menganggap pohon bambu itu penjelmaan kebaktian Ure yang menyedihkan terhadap ibunya. 


Infromasi Wisata
Cerita ini merupakan asal-usul desa Jukrimdong di daerah Chuncheon, Provinsi Gangwon. Nama desa Jukrimdong itu bermakna, hutan bambu. Daerah Chuncheon ini sudah terkenal dengan berbagai jenis objek wisata seperti sungai Soyang, Kuil Cheongpyeongsa, Museum Animasi, dll. Selain itu, masakan khasnya, Chuncheon Dakgalbi, masakan daging ayam goreng dengan saus pedas dan Chuncheob Makguksu, masakan mi gandum sudah menjadi daya tarik daerah itu. Bahkan lokasinya pun dekat dari Seoul dan ada banyak transportasi umum ke sana.


 

kuil Cheongpyongsa
 
 
 







Source :kbsworld

No comments:

Post a Comment